Apa Itu PC? Bedanya Sama CPU Apa?

Apa Itu PC? Bedanya Sama CPU Apa?

Masih banyak orang yang bertanya-tanya tentang apa itu PC sebenarnya. Masih banyak juga yang sering tertukar istilahnya dengan CPU. Yuk, simak artikel ini untuk tahu lebih lanjut!

Jadi PC itu singkatan dari Personal Computer. Ya, simpelnya komputer pribadi. Menurut Wikipedia, PC diartikan sebagai komputer multifungsi yang ukuran, kemampuan, dan harganya masuk akal untuk digunakan secara perorangan.

Kenapa multifungsi? Ya, karena, kenyataannya kebutuhan PC tiap orang berbeda-beda. Ada yang hanya butuh untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliah menggunakan Ms. Office. Ada yang hanya butuh untuk main game (baik untuk sendiri atau di warnet). Ada juga yang butuh untuk mengerjakan desain 3D atau editing foto serta video. Makanya fungsi utama PC milik seseorang akan berbeda dari PC milik orang lain.

Kalau CPU itu sebetulnya nama komponen dalam sebuah PC. Biasa kita kenal dengan nama processor. Intinya, CPU adalah otak sebuah PC. CPU akan dibahas lebih dalam di tulisan lain. Untuk sekarang, kita bahas PC secara dasar dan umum lebih dulu, ok?

Idealnya, sebuah PC dirakit (desktop rakitan) atau dibeli (laptop/desktop built-up) berdasarkan kebutuhan calon pengguna. Ada baiknya kita mempertimbangkan dulu seperti apa kebutuhan PC yang akan kita rakit/beli. Hal tersebut tentunya supaya kita tidak perlu keluar biaya untuk hal yang belum pasti; supaya tidak rugi.

Desktop dan Laptop PC?

PC hadir dalam dua bentuk umum. Notebook atau netbook itu termasuk laptop PC atau komputer jinjing. Sedangkan yang biasa kita kenal dengan sebutan komputer rakitan atau builit-up itu berbentuk desktop PC alias komputer meja.

Set up desktop PC
Contoh set up desktop PC
Laptop PC
Set up laptop PC

Dulu, desktop PC itu biasanya belum termasuk monitor dan komponen-komponennya bisa digonta-ganti sendiri oleh pengguna. Namun, seiring perkembangan teknologi, varian desktop PC pun bertambah dengan adanya format all-in-one (AIO) desktop. Desktop jenis ini bentuknya mirip monitor komputer, dengan sudah termasuk berbagai komponen PC di dalamnya.

Contoh AIO desktop PC
Contoh AIO desktop PC

Baik laptop maupun desktop PC ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada baiknya kita mempelajari juga apa perbedaan desktop dan laptop lebih dalam sebelum memilih PC.

Komponen PC

Pada umumnya, satu unit PC (desktop atau laptop) akan terdiri dari hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak). Ada juga yang memasukkan brainware, yang bisa diartikan sebagai pengguna. Alasannya? Ya, tanpa ada yang menggunakan, sebuah PC hanya akan menjadi mesin yang tidak memiliki fungsi, kan?

Hardware PC

Untuk bisa bekerja, sebuah PC setidaknya harus memiliki komponen-komponen berikut:

  • Motherboard
  • CPU (Central Processing Unit)
  • RAM (Random Access Memory)
  • Storage drive (media penyimpanan)
  • PSU (Power Supply Unit)
  • GPU (Graphic Processing Unit)

Masing-masing komponen akan dibahas lebih dalam dalam tulisan lain, silakan klik link masing-masing nama komponen di atas.

Kenapa tidak ada casing, monitor, atau keyboard dan mouse? Karena tanpa hal-hal tersebut pun sebetulnya sebuah PC sudah bisa menyala. Kalau tidak ada monitor, ya, cuma tidak ada gambar saja yang bisa kita lihat, tapi PC tetap menyala. Tanpa casing? Ada kok cara menyalakan PC (desktop) langsung lewat motherboard nya. Tanpa keyboard dan mouse? PC akan tetap menyala meskipun kita tidak bisa berkomunikasi dengan komputernya.

Software PC

Secara umum, ketika berbicara tentang software PC, kita akan mendengar istilah OS (Operating System/sistem operasi) dan program aplikasi.

Windows XP, Windows 7, Windows 10, Ubuntu, atau MacOS adalah contoh-contoh software sistem operasi. OS secara kasar hadir di PC sebagai jembatan antara pengguna PC dan seluruh komponen PC itu sendiri.

Sistem operasi PC
Macam-macam sistem operasi

Microsoft Office (Word, Excel, dll.), Photoshop, Firefox, dan lain sebagainya termasuk koleksi game PC kamu adalah program aplikasi. Software-software ini hadir untuk menjalankan tugasnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan pengguna PC.

Tanpa OS, program aplikasi tidak bisa berkomunikasi langsung dengan hardware-hardware yang ada. Walaupun hardware PC kamu sudah memenuhi setidaknya minimum system requirement program yang mau kamu gunakan, tidak adanya OS akan membuat PC tidak bisa digunakan sesuai kebutuhan user.

Kamu. Ya, Kamu.

Secanggih apapun sebuah komputer, pada akhirnya semua berujung pada penggunanya. Ya, kamu, sang brainware. Sekencang-kencangnya sebuah komputer, jika penggunanya tidak rajin merawat PC nya, komputer tersebut akan terasa lelet. Bisa jadi malah sampai memangkas umur pakai hardware nya.

Pengguna PC yang bijak tahu betul seluk beluk PC miliknya. Dia tahu kemampuan PC nya sejauh apa dan tidak akan memaksakan. Dia tahu mana program atau situs yang aman untuk dijalankan atau diakses, dan tahu bagaimana melindungi PC nya dari serangan-serangan virus atau malware.

Pengguna PC yang cerdas tidak akan berhenti belajar, apalagi perkembangan teknologi semakin pesat. Semoga Mimiti PC bisa selalu hadir menemani kamu-kamu yang mau dan ingin terus belajar seputar komputer.

 

One Response

  1. Aa itb says:

    Nice share gan.. keep posting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *