Seperti Apa Kebutuhan PC Kamu? Apa Itu System Requirement?

Seperti Apa Kebutuhan PC Kamu? Apa Itu System Requirement?

Dari anak sekolahan, ibu rumah tangga hingga profesional di berbagai bidang, akan selalu ada kebutuhan teknologi komputasi bagi mereka. Tak bisa dihindari, inilah efek perkembangan teknologi yang kian pesat.

Butuh pesan makanan dengan aplikasi ojek online? Upload foto? Kirim email? Sekalipun dilakukan menggunakan smartphone, kita sering lupa smartphone juga sebetulnya sejenis komputer. Smartphone memiliki hardware seperti CPU dan RAM untuk menjalankan tugasnya.

Namun, tidak semua kebutuhan komputasi bisa selesai dengan penggunaan smartphone. Walaupun ada aplikasi pengolah spreadsheet (tabel) di Android maupun iOS, hampir semua orang akan menggunakan Microsoft Excel (atau sejenisnya) di PC ketika harus bekerja dengan tabel. Begitu pula dengan kreasi multimedia (editing foto, video, dsb.). Walaupun ada juga aplikasinya untuk versi smartphone, tetap saja ada yang lebih memilih mengerjakan content creation di PC.

Bagi yang suka bermain game juga begitu. Ada beberapa game yang hanya rilis di platform PC. Apalagi, mengingat tampilan grafis game jaman now yang makin mantul, platform PC menjanjikan performa yang lebih tinggi ketimbang platform lainnya. Tentu dengan harga total komponen yang sesuai.

Buat kamu yang baru mau beli laptop, built-up desktop, atau bahkan merakit komputer, PC seperti apa ya yang cocok buat kamu? Yuk, simak artikel ini lebih lanjut!

Kebutuhan, Budget, & Supply

Membeli atau merakit PC, idealnya, berawal dari tiga pertanyaan ini:

  • Digunakan untuk apa PC nya nanti?
  • Berapa biaya yang sanggup dikeluarkan?
  • Apa saja barang yang tersedia di pasar dengan budget yang dimiliki?

Semakin spesifik jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut, semakin baik bagi kita untuk menentukan PC seperti apa yang hendak dibeli atau dirakit. Mengetahui software apa yang akan digunakan atau sebesar apa beban kerjanya nanti bisa memudahkan kita dalam menentukan pilihan PC kita.

System Requirement

Bagaimana cara kita tahu PC yang akan kita gunakan bisa berfungsi sesuai harapan kita? Bagaimana kita tahu betul hardware PC kita kuat untuk menjalankan software yang akan digunakan?

Ada istilah yang dinamakan minimum system requirement pada suatu software. Simpelnya, system requirement adalah standar hardware minimal yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan software tersebut. Biasanya tertera di website resmi produsen software-nya. Baik software seperti Adobe Photoshop atau game yang ingin kamu mainkan pasti memilikinya.

System requirement Adobe Photoshop 21.0
System requirement Adobe Photoshop 21.0 (release Nov 2019)
System requirement GTA V
System requirement GTA V di Steam

Hal ini bisa dijadikan acuan bagi kita untuk memilih komponen desktop atau laptop yang akan kita beli. Meskipun begitu, tidak harus sama persis. Bisa jadi ada sebagian hardware yang tertera di system requirement tidak ada di pasaran di Indonesia. Atau bisa jadi harga hardware nya di luar budget yang kita punya. Kondisi itu membuat kita perlu mencari alternatif hardware lain dari yang disebutkan di system requirement.

Tapi, bagaimana kita bisa tahu alternatifnya memiliki performa yang setidaknya sama dengan yang tertera di system requirement? Di sana lah kita perlu tahu tentang benchmarking. Tanpa belajar itu dulu, mungkin kita akan selalu terjebak dengan “Intel lebih baik dari AMD” atau “i7 selalu lebih baik dari i3”.

Teknologi hardware PC terus berkembang. Sekarang, Intel Core i3 bisa memiliki performa lebih baik lho daripada Intel Core i7. AMD pun sekarang sudah bisa memproduksi CPU berkualitas tinggi menyaingi Intel dengan arsitektur CPU Zen miliknya.

Yuk, baca lebih jauh tips memilih CPU untuk komputer kamu!

Bagaimana dengan kebutuhan PC kamu? Berapa rencana budgetnya? Sudah lihat-lihat apa saja yang tersedia di toko offline dan online? System requirement software yang akan digunakan seperti apa? Kalau masih bingung, jangan ragu kontak mimin, ya! Mimin mau kok bantuin kamu. Tenang, konsultasinya gratis!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *